Cara dan Tips Memasak Telur Rebus

Cara dan Tips Memasak Telur Rebus

  • Taruh telur di dalam panci beirisi air. Taruh telur dalam panci berukuran sedang ke besar dan isilah panci dengan cukup air sampai menutupi telur sepenuhnya.
  • Ingatlah bahwa untuk hasil yang terbaik, telur harus berada pada suhu ruangan sebelum Anda mulai untuk merebusnya, karena hal ini secara umum mencegah telur pecah saat direbus. Anda dapat menggunakan telur dingin, tetapi telur dingin mempunyai kemungkinan yang lebih tunggi untuk pecah.
  • Juga ingatlah bahwa lebih baik untuk menggunakan telur yang lebih lama daripada telur segar. Kulitnya akan lebih mudah dibuang dari telur matang sepenuhnya jika Anda memulai dengan yang sudah berumur setidaknya beberapa hari. Semakin dekat dengan tanggal kadaluarsa, akan lebih mudah untuk mengupasnya saat sudah selesai direbus.
  • Bawalah air hingga mendidih. Panaskan air di atas api sedang-besar sampai mendidih.Jangan memberi garam pada air karena dengan melakukan itu akan meningkatkan waktu untuk merebus air hingga mendidih.
  • Matikan kompor dan tutupi panci. Setelah air mendidih, matikan kompor, tutup panci, dan biarkan telur termasak dalam air yang masih panas selama beberapa menit sampai telur mencapai kematangan yang Anda inginkan. Waktu yang tepat akan beragam tergantung berapa besar telur Anda dan apakah Anda ingin telurnya sedikit matang, setengah matang, atau matang sepenuhnya.[2]
  • Telur sedikit matang memiliki putih telur yang padat tetapi kuning telur yang masih cair. Raihlah kematangan ini dengan memasak telur berukuran sedang 4 menit, telur besar 4 sampai 5 menit, dan telur sangat besar 5 menit.
  • Telur setengah matang memiliki putih telur yang padat dan kuning telur yang setengah padat dengan sdikit cair. Raihlah tingkat kematangan ini dengan memasak telur berukuran sedang selama 5 menit, telur besar 6 menit, dan telur sangat besar selama 7 sampai 8 menit.
  • Telur matang sepenuhnya mempunyai telur putih dan kuning yang padat. Raihlah tingkat kematangan ini dengan memasak telur brukuran sedang selama 12 menit, telur besar 17 menit, dan telur sangat besar selama 19 menit.
  • Taruh telur di dalam air dingin. Setelah selesai direbus, angkat telur dari air dengan sendok dan masukkan dalam mangkuk berisi air dingin.
  • Diamkan telur selama setidaknya 10 menit dalam air dingin. Ini bukan tahap yang penting, tetapi menaruh telur dalam air dingin akan menghentikan proses memasak dan membuat Anda lebih mudah untuk mengupas kulitnya.
  • Kupaslah dan nikmati. Jika memakan telur setengah matang atau matang sepenuhnya, pecahkan perlahan kulitnya di atas permukaan yang keras dan gunakan jari-jari Anda untuk mengupas kulitnya dari telur putih. Jika memakan telur sedikit matang, irislah satu bagian sisi dan makanlah telur dengan mengambilnya ke luar dari kulit dengan sendok

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s