Resep Paling Hebat Cara Membuat Panini, Masakan Italia Paling Yummy

Panini (bahasa Italia, panini [paˈniːni]) adalah roti lapis yang berasal dari Italia. Bagi kebanyakan negara yang menggunakan bahasa Inggris, kata panini merupakan kata jamak dari panino yang memiliki arti “roti lapis” Biasanya panini menggunakan roti utuh yang dipanggang, bukan roti yang dipotong. Jenis roti yang biasa digunakan untuk membuat panini antara lain baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta. Roti kemudian dipotong secara horizontal dan biasanya diisi dengan irisan daging olahan seperti salami, mortadella ataupun prosciutto beserta dengan keju, irisan tomat dan tuna. Dan biasanya panini disajikan hangat setelah dipanggang menggunakan mesin press khusus yang disebut panini press.

Kata panini berasal dari bahasa Italia. Di Italia, kata benda panino (bahasa Italia: [pa’ni:no]; jamak panini) adalah modifikasi dari kata pane (roti) dan merujuk kepada roti gulung. Panino imbottito (panino isi) merujuk kepada sebuah roti lapis, tetapi kata panino juga sering digunakan sendiri untuk menunjukkan roti lapis pada umumnya. Roti lapis yang mirip dengan panino adalah tramezzino, roti lapis dengan potongan segitiga atau persegi yang terdiri dari dua potong roti putih lembut dengan pinggiran remah yang disisihkan.

Di beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris, kata panini banyak digunakan sebagai bentuk tunggal, dengan bentuk jamak panini atau paninis, meski beberapa pembicara menggunakan panino singini dan panini dalam bentuk jamak seperti pada bahasa Italia

Resep Paling Hebat Cara Membuat Panini, Masakan Italia Paling Yummy

Buatlah panini yang lezat dengan sejumlah ide resep yang kreatif dan inovatif. Makanan yang sehat dan cepat dibuat ini sudah pasti akan mengenyangkan diri Anda dan membuat keluarga dan teman-teman Anda puas sebagai makan siang ataupun makan malam. Anda juga bisa membuat panini sebagai hidangan penutup untuk dinikmati di akhir malam! Banyak toko perlengkapan masak menjual pemanggang panini, namun sebenarnya Anda tidak membutuhkannya. Cobalah metode di bawah untuk membuat panini yang lezat cukup dalam beberapa menit.

  • Roti
  • Irisan daging
  • Keju
  • Minyak zaitun

  1. Pilihlah roti Anda. Panini dapat dibuat menggunakan roti Italia, ciabatta, focaccia, sourdough, atau jenis roti apa pun yang Anda sukai.Jika Anda menggunakan sebuah roti, iris roti menjadi irisan dengan ketebalan 2 cm. Anda juga bisa memotong roti secara memanjang.[1]Jaga agar bagian atas roti dibalik ke dalam. Jika Anda mencoba memanggang roti dengan bagian atas yang melengkung, seperti baguette, Anda akan mendapati bahwa menjaganya agar tidak terguling dan isiannya panini keluar dapat sulit untuk dilakukan. Untuk mengatasinya, balikkan roti dengan bagian atas melengkung agar permukaannya yang rata bersentuhan dengan pemanggang.
  2. Oleskan minyak zaitun di bagian dalam roti. Gunakan kuas atau pisau mentega untuk membubuhkan sedikit minyak zaitun pada bagian dalam permukaan roti. Anda perlu menghasilkan lapisan yang tipis pada tahap ini, jadi pastikan agar tidak mengoleskan banyak minyak zaitun pada roti.Jika Anda memakai terlalu banyak minyak, roti akan menjadi basah!
  3. Tambahkan keju. Tempatkan seiris keju pada setiap potong roti, di atas minyak zaitun. Menambahkan selembar keju pada setiap sisi roti apit akan membantu agar roti menempel saat dipanggang.Anda juga dapat menggunakan keju parut.Jika lebih suka, Anda bisa menempatkan keju hanya di satu sisinya.
  4. Tambahkan isian. Anda dapat sekreatif sesuka Anda dengan paninidan menggunakan kombinasi irisan daging atau daging suwir, atau buatlah panini vegetarian dengan irisan zucchini. Tambahkan dua irisan daging atau zucchini pada selembar roti.Anda dapat menambah jumlah isian jika Anda lebih menyukai paniniyang lebih tebal.
  5. Berikan sedikit rasa tambahan. Cobalah tambahkan beberapa bawang bombai dipotong dadu atau daun ketumbar segar. Anda juga dapat menaburkan sedikit garam dan lada, bawang putih, atau tambahkan sedikit saus sambal kesukaan Anda.Jika Anda ingin menambahkan sayuran seperti selada, bayam, ataupun tomat pada panini, tunggulah sampai setelah dipanggang. Ini akan memastikan sayuran tetap renyah dan tidak menjadi basah.
  6. Tutuplah roti apit Anda dan beri mentega pada bagian luar roti.Pastikan untuk tidak memasukkan isian secara berlebihan ke dalam panini atau bagian dalam roti tidak akan menjadi hangat dengan baik saat dipanggang.Anda juga bisa menggunakan margarin.
  7. Panaskan pemanggang panini terlebih dahulu (opsional).Memanggang panini di dalam pemanggang panini adalah hal yang sederhana dan mudah. Tempatkan saja roti apit Anda di dalamnya dan pasang tutupnya. Pangganglah selama 3-5 menit.Pangganglah menurut petunjuk produsen alat hingga roti berwarna keemasan dan renyah.
  8. Panaskan wajan terlebih dahulu. Tambahkan mentega atau minyak di atas wajan dan panaskan dengan api sedang hingga kecil sampai minyak mulai panas atau sampai mentega meleleh. Jangan biarkan mentega berubah warna menjadi cokelat. Tanpa pemanggang panini, pilihan terbaik Anda adalah menggunakan wajan panggang, namun Anda bisa menggunakan wajan goreng biasa jika hanya itu yang Anda miliki. Letakkan roti apit di atas wajan panggang yang telah dipanaskan.
  9. Panaskan loyang besi cor secara terpisah pada kompor lain hingga panas. Karena Anda tidak menggunakan pemanggang panini, Anda akan tetap membutuhkan sesuatu untuk menekan roti apit Anda. Inilah tahap ketika loyang besi cor digunakan. Anda bisa menggunakan panci atau wajan logam, namun loyang besi cor bekerja paling baik.Berhati-hatilah saat memegang loyang. Loyang besi cor dapat menjadi sangat panas sehingga Anda mungkin perlu menggunakan cempal untuk mengambilnya setelah dipanaskan.
  10. Tekan panini. Tempatkan Loyang besi atau logam yang dipanaskan hingga menyentuh roti apit Anda. Berat loyang pada bagian atas roti apit akan menciptakan efek yang sama seperti yang didapatkan dari pemanggang panini. Ingatlah, terdapat pilihan lainnya selain loyang besi cor. Berikut beberapa benda lain yang bisa Anda gunakan:Gunakan tutup panci atau pemanggang. Ini bekerja paling baik jika Anda memanggang panini selama beberapa menit pada setiap sisinya sambil menekan tutupnya.[2]Gunakan panci. Jika Anda memiliki panci spageti atau sup yang besar, Anda dapat memasukkan batu ke dalamya dan tekan panini Anda dengan itu.Cobalah pemanggang panini buatan sendiri dengan membungkus batu bata dengan kertas aluminium dan menggunakannya untuk menekan roti apit Anda.
  11. Panggang panini Anda. Biarkan panini terpanggang seperti ini selama 3-5 menit atau hingga bagian bawah rotinya menjadi cokelat keemasan dan kejunya meleleh.
  12. Balikkan. Angkat loyang besi cor dan gunakan spatula untuk membalik panini. Tempatkan loyang besi cor kembali pada panini. Pangganglah panini sampai kejunya meleleh dan bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan.
  13. Tambahkan sayuran. Angkat panini dari wajan dan bukalah dengan perlahan. Tempatkan selada, bayam, atau sayuran lainnya yang Anda sukai. Menambahkan sayuran hijau di saat terakhir akan membantu agar sayuran tetap renyah.
  14. Potonglah panini dengan pisau bermata lurus. Pisau yang tajam dan lurus, dibandingkan pisau bergerigi, akan memastikan potongan yang mulus pada panini yang sudah jadi. Sajikan dengan tambahan keripik, semangkuk sup, atau salad yang lezat dan nikmati!

Kreatif dengan Panini

  • Lakukan eksperimen dengan berbagai roti. Anda bisa memakai hampir jenis roti apa pun yang Anda inginkan. Anda bahkan bisa memakai bagel. Kunjungi toko roti segar atau cobalah roti pretzel, roti pita, atau bahkan roti putih biasa. Pilihannya tidak terbatas!
  • Jadilah kreatif dengan keju. Cobalah keju cheddar yang tajam atau pepper jack yang pedas. Parut sendiri kejunya atau atau tempatkan irisannya sebagai lapisan. Campurlah berbagai keju untuk mendpatkan rasa yang lebih menarik. Cobalah keju apa pun yang Anda sukai.Cobalah tambahkan parmesan parut, keju manchego, atau keju kambing yang lembut.

Sumber: wikipedia, wikihow

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s