Resep dan Cara Membuat Pasta, Masakan Italia Paling Favorit


Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.

  • Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, “pasta” bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta.
  • Pasta dibuat dari tepung terigu semolinayang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.
  • Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.
  • Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwavejuga sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.

Resep dan Cara Membuat Pasta, Masakan Italia Paling Favorit

Adonan Dasar

  • Menghasilkan 4 porsi
  • 400 g tepung terigu serbaguna, ayak
  • 1/2 sdt (2,5 ml) garam
  • 4 telur besar, pada suhu ruangan
  • 2 sendok makan (30 ml) air, jika diperlukan

Variasi untuk Adonan Dasar

  • 3/4 cangkir (180 ml) daun bayam yang sudah dimasak dan dibekukan
  • 2 sendok makan (30 ml) pasta tomat
  • 1 bit merah atau 2 sendok makan (30 ml) bit matang yang diparut
  • 1 ubi jalar ukuran sedang atau 2 sendok makan (30 ml) ubi jalar yang dihaluskan
  • 3 sendok makan (45 ml) rempah-rempah hijau (oregano, peterseli, seledri)

Adonan Vegetarian

Menghasilkan 2 porsi

  • 2 sendok makan (30 ml) biji rami yang dihaluskan
  • 6 sendok makan (90 ml) air hangat
  • 1 3/4 gelas (440 ml) tepung chickpea

Membuat Adonan Dasar

  1. Campur tepung dan garam. Campur tepung yang sudah diayak dan garam sampai merata.Jika Anda berencana untuk mencampur adonan seluruhnya dengan tangan, campur tepung langsung di meja yang sudah ditaburi tepung. Setelah itu, gunakan tepung untuk membentuk gundukan dengan lubang seperti kawah di bagian atasnya.Jika Anda berencana untuk menggunakan mixer berdiri, campur tepung dan garam dalam mangkuk mixer berdiri.
  2. Pecahkan telur ke atas gundukan tepung. Tambahkan telur ke tepung, dengan memecahkannya ke lubang di bagian atas gundukan tepung Anda di meja.Jika menggunakan mixer berdiri, Anda dapat memecahkan telur ke tepung di bagian mana saja.
  3. Campur sampai halus. Perlahan campur tepung dengan telur menggunakan jari-jari Anda. Lanjutkan mencampur dengan cara ini sampai adonan pulen dan menyatu.Jika menggunakan mixer berdiri, campur semua bahan menggunakan pengaduk mixer sampai adonan menyatu.
  4. Uleni selama 3 menit. Uleni adonan dengan menggunakan tumit tangan Anda sampai terasa sangat halus dan tidak lagi terasa lengket.Jika menggunakan mixer berdiri, balik adonan di atas meja yang sudah ditaburi tepung dan uleni selama 3 menit.Jika adonan masih terasa lengket, taburkan beberapa tabur tepung tambahan dan campur.
  5. Diamkan adonan selama 1 jam. Bungkus adonan dengan kertas minyak dan diamkan pada suhu ruangan selama setidaknya 1 jam.Perlu diingat bahwa adonan bisa didiamkan pada suhu ruangan selama beberapa jam.Adonan tidak boleh didinginkan dalam kulkas.

Variasi Adonan Dasar

  1. Buat adonan bayam. Sebelum menambahkan telur, campurkan bubur bayam (bayam yang dihaluskan) ke tepung, untuk membuat adonan berwarna hijau.Haluskan 3/4 cangkir (180 ml) daun bayam yang sudah masak dan dibekukan dalam alat pengolah makanan (food processor) atau blender. Remas bayam sebelum dan sesudah dihaluskan untuk membuang kelebihan air.Campurkan bayam yang sudah dihaluskan ke tepung sebelum melanjutkan membuat adonan dengan resep dasar seperti biasa.
  2. Warnai adonan dengan tomat. Pasta tomat bisa dicampur ke dalam tepung bersama telur untuk membuat pasta berwarna merah.ATambahkan 2 sendok makan (30 ml) pasta tomat ke tepung selagi Anda menambahkan telur.Kurangi jumlah telur dari empat menjadi tiga.Lanjutkan mengikuti langkah pada resep seperti biasa.
  3. Gunakan bit dalam adonan dasar. Bit panggang dapat dicampurkan ke dalam tepung bersama telur, tetapi Anda perlu menghaluskan atau memarutnya terlebih dahulu.Panggang bit dengan suhu 205 derajat Celsius dalam oven selama 45 sampai 60 menit, atau sampai lunak. Diamkan sampai dingin saat disentuh.Parut atau haluskan bit dalam alat pengolah makanan (food processor).Tambahkan 2 sendok makan (30 ml) bit ke tepung bersama telur.Kurangi jumlah telur dari empat menjadi tiga.Lanjutkan membuat pasta seperti biasa.
  4. Buat pasta ubi jalar. Anda juga dapat menambahkan pasta ubi jalar ke adonan bersama telur.Tusuk satu ubi jalar ukuran sedang beberapa kali dengan garpu.Panggang ubi jalar dalam microwave pada pengaturan tinggi selama 4 sampai 5 menit, atau sampai lunak.Haluskan ubi jalar dalam alat pengolah makanan atau blender.Tambahkan 2 sendok makan (30 ml) pasta ubi jalar ke tepung ketika Anda menambahkan telur.Kurangi jumlah telur dari empat menjadi tiga.Lanjutkan sisa langkah dalm resep seperti biasa.
  5. Siapkan pasta rempah-rempah sederhana. Rempah segar yang dicincang dapat ditambahkan ke tepung bersama garam.Gunakan daun rempah-rempah hijau seperti oregano, peterseli, dan daun seledri. #*Anda dapat menggunakan satu rempah atau mengkombinasikan rempah sesuai keinginan.Gunakan minimal 3 sdm (45 ml). Dapat ditambahkan lebih benyak sesuai selera, jika diinginkan.Campurkan bumbu ke tepung sebelum menambahkan telur. Lanjutkan sisa langkah dalam resep seperti biasa.

Adonan Vegetarian 

  1. Kocok bersama biji rami dan air. Campur biji rami dan air dalam mangkuk kecil dan sisihkan selama sekitar 5 menit.Campuran harus mengental, dan berubah menjadi seperti gel.
  2. Gundukkan tepung chickpea di atas meja. Buat lubang kecil seperti kawah atau sumur di atas pusat gundukan.Adonan ini sedikit lebih rapuh dari adonan dasar, sehingga Anda dianjurkan mencampurnya dengan tangan bukan menggunakan mixer.
  3. Campur tepung dan campuran biji rami. Sendokkan gel biji rami ke dalam lubang pada gundukan tepung. Dengan pelan gugurkan dinding tepung dengan baik ke dalam lubang, sehingga menggabungkan tepung dan gel biji rami secara merata.Hanya campur adonan seperlunya sampai menyatu.
  4. Istirahatkan adonan selama 20 sampai 30 menit. Bungkus adonan dengan kertas minyak atau plastik pembungkus dan biarkan istirahat pada suhu ruangan.Adonan ini bisa diistirahatkan lebih lama dari 30 menit, tetapi gel dapat mulai pecah jika Anda meninggalkannya lebih dari beberapa jam.Jangan mendinginkan adonan dalam kulkas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s